Bagaimana Cara Melakukan Detoksifikasi Dalam Tubuh Anda?

Bagaimana Cara Melakukan Detoksifikasi Dalam Tubuh Anda? – Setiap hari tubuh kita terpapar oleh racun, baik dari luar tubuh maupun dalam tubuh. Dari makanan yang kita konsumsi sehari-hari, hasil metabolisme dalam tubuh atau factor eksternal lainnya.

Oleh karena itu, detoksifikasi dibutuhkan untuk membantu mengeluarkan racun dari tubuh. Tubuh perlu beristirahat untuk membersihkan diri.

Pada dasarnya didalam tubuh ada mekanisme khusus untuk membuang racun, seperti keringat atau air kencing. Namu ada baiknya Anda juga turut membantu tubuh untuk membersihkan racun. Setelah Anda melakukan detoksifikasi, tentu saja tubuh menjadi lebih segar.

Bagaimana Cara Melakukan Detoksifikasi Dalam Tubuh Anda?

Tubuh kita telah banyak melakukan pekerjaan. Paparan dari lingkungan dan apa yang telah kita konsumsi secara tidak langsung dapat membahayakan tubuh kita sendiri.

Untungnya, tubuh kita memiliki system pembuangan yang dirancang secara khusus untuk mendetoksifikasi tubuh.

Namu terkadang tubuh membutuhkan istirahat dari pekerjaan yang banyak dan berat. Selain itu, mungkin Anda ingin merasa tubuh menjadi lebih segar.

Ada banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk melakukan detoksifikasi dalam tubuh. Mulai dari cara yang mudah atau cara yang sedikit membutuhkan usaha.

1. Mengkonsumsi Air Lemon

Mengawali hari dengan mengkonsumsi air perasan lemon sangat baik untuk tubuh Anda. Vitamin C yang terkandung dalam air perasan lemon membantu meningkatkan kadar glutathione dalam tubuh, senyawa ini sangat penting untuk proses detoksifikasi.

Air lemon ini membantu membersihkan racun yang menumpuk dan dapat mengurangi penyumbatan di kantong empedu.

Hal tersebut menjaga kesehatan hati dan kantung empedu. Kesehatan kedua organ ini merupakan kunci pencernaan lemak dalam tubuh.

2. Tenangkan Hati Dan Pikiran

Setidaknya luangkanlah waktu selama 10 menit untuk menenangkan diri Anda. Hati dan pikiran yang tenang dapat membantu tubuh untuk mendotiksifikasi.

Caranya cukup dengan menarik napas dalam-dalam agar paru-paru mendapatkan oksigen dan mengeluarkan karbon dioksida yang lebih baik.

Hal tersebut juga membantu melancarkan proses metabolisme tubuh, sehingga makanan yang Anda konsumsi dapat dicerna dengan baik.

3. Melakukan Olahraga

Selama melakukan proses detoksifikasi, lebih baik luangkanlah waktu setidaknya saatu jam dalam sehari untuk melakukan olahraga. Keringat yang keluar pada saat olahraga dapat membantu Anda untuk mengeluarkan racun-racun yang ada didalam tubuh.

Olahraga juga membantu melancarkan aliran getah bening pada tubuh sehingga tubuh mengeluarkan racun lewat keringat.

4. Konsumsi Lebih Banyak Sayur Dan Buah

Banyak mengkonsumsi buah dan sayur yang mengandung serat sangat membantu tubuh untuk membuang racun, melancarkan system pencernaan dan juga mencukupi Vitamin dan mineral yang dibutuhkan dalam tubuh.

Selain itu, serat dalam buah dan sayur membantu Anda mengurangi rasiko penyakit jantung, kanker, diabetes.

Saat proses detoksifikasi, Anda disarankan untuk mengkonsumsi buah dan sayur sampai 10 porsi dalam sehari. Oleh karena itu, konsumsilah banyak buah dan sayur yang berdaun hijau seperti brokoli, bayam dan lainnya.

Bahan makanan ini dapat membantu tubuh mengeluarkan racun yang menumpuk pada hati, dan jangan lupa untuk mengkonsumsi buah seperti apel, pir, papaya, jeruk dan buah lainnya.

5. Jauhi Minuman Beralkohol

Alkohol memang sulit untuk dicerna oleh tubuh. Mengkonsumsi alkohol dapat merusak tubuh terutama pada otak dan hati. Hati merupakan organ yang memecah alcohol sehingga dapat dikeluarkan oleh tubuh. Oleh karena itu, mengkonsumsi alcohol yang berlebihan dapat merusaak hati.

6. Mengkonsumsi Air Yang Lebih Banyak

Tubuh kita mengandung 80% air, sehingga kita membutuhkan air untuk membantu tubuh untuk menjalankan fungsinya. Pada saat air minum, tentu saja Anda tidak hanya memuaskan dahaga, namun juga membantu mengeluarkan racun dari tubuh. Pada saat Anda ingin mengeluarkan racun dalam tubuh, maka Anda membutuhkan lebih banyak air.

Mengkonsumsi 8 sampai 10 gelas air putih perhari cukup untuk digunakan pada saat proses detoksifikasi. Namun kebutuhan air setiap orang tentu saja berbeda-beda,tergantung pada aktivitas yang mereka lakukan.

7. Cukup Tidur

Tidur merupakan waktu tubuh untuk beristirahat, sehingga tubuh kembali bugar keseokan harinya. Tidur cukup setiap malam tentu saja dapat mengurangi racun yang terbentuk dalam tubuh karena pada saat tidur, maka organ tidak bekerja sekeras saat beraktivitas. Kurang tidur tentu saja dapat melemahkan system imun sehingga Anda mudah sakit.

Itulah beberapa cara melakukan detoksifikasi dalam tubuh. Semoga artikel ini menginspirasi Anda, dan sampai jumpa pada artikel selanjutnya!