Waspadai Bahaya Kolesterol Tinggi Yang Dapat Menyerang Anda

Waspadai Bahaya Kolesterol Tinggi Yang Dapat Menyerang Anda – Kolesterol selama ini memang dianggap sebagai hal yang negative. Banyak orang yang menghindari makanan yang berkolesterol yang tinggi, bahkan dapat menyebabkan penyakit jantung.

Pada dasarnya tubuh kita membutuhkan kolesterol untuk membuat hormone seperti hormone testoteron, kortisol dan estrogen.

Kolesterol yang ada pada tubuh didapatkan dari konsumsi makanan. Hati akan memproduski lebih banyak kolesterol jika banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh dan lemak trans sehingga kolesterol dalam tubuh menjadi tinggi.

Waspadai Bahaya Kolesterol Tinggi Yang Dapat Menyerang Anda

Pada uraian kali ini kita akan membahas apa saja bahaya kolesterol tinggi untuk tubuh Anda. Namun sebelum membahas apa saja bahaya yang disebabkan oleh kolesterol tinggi, lebih baik kita pelajari dulu apa yang menyebabkan kolesterol meningkat.

  1. Kebiasaan mengkonsumsi makanan yang kurang sehat dan memiliki kadar lemak jenuh yang tinggi. Misalnya saja kuning telur, biscuit, keju, krim atau santan.
  2. Kurang berolahraga atau beraktivitas. Keadaan tersebut dapat meningkatkan kadar kolesterol yang tinggi dalam darah.
  3. Kebiasaan Merokok.pada rokok terdapat zat kimia yang disebut akrolein, sebuah zat yang dapat menghentikan aktivitas atau kolesterol baik untuk mengangkut timbunan lemak dari tubuh menuju hati untuk dibuang.
  4. Terlalu banyak mengkonsumsi alcohol. Kebiasaan tersebut dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida dalam darah.
  5. Pertambahan usia. Pada saat usia tua, maka kolesterol tinggi dapat memicu arterosklerosis yang semakin besar.

Kolesterol tinggi dapat dipengaruhi oleh beberapa factor tertentu, misalnya genetic dan memiliki berat badan yang berlebihan. Selain itu, aktivitas fisik yang kurang aktif dan gemar mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh dan tinggi kolesterol akan membuat orang terkena masalah berikut ini.

Aterosklerosis

Aterosklerosis merupakan kondisi mengeras dan menyempitnya pembuluh nadi. Penyakit ini disebabkan oleh kolesterol jahat yang menyerang usia muda.

Meningkatkan Resiko Stroke dan Serangan Jantung

Penyempitan pembuluh nadi dapat mempersulit aliran darah yang memasuki jantung dan dapat berakibat munculnya serangan jantung. Misalnya adalah pada saat pembuluh darah yang dapat berakibat stroke, darah tinggi, dan serangan jantung.

Mengganggu Sistem Pencernaan

Tingginya tingkat kolesterol tentu saja dapat menciptakan ketidakseimbangan pada empedu. Sebanyak 80 persen batu empedu disebabkan oleh endapan kolesterol.

Agar tidak mengalami kadar kolesterol yang tinggi, maka Anda dapat melakukan beberapa upaya pencegahan dengan berikut ini :

  1. Menerapkan pola makan sehat, batasi konsumsi makanan yang mengandung kolesterol tinggi dan hindari konsumsi minumana beralkohol. Perbanyak konsumsi sayur, buah-buahan dan ikan.
  2. Turunkan Berat Badan yang berlebih. Dengan menurunkan berat badan, maka kadar kolesterol total juga dapat menurun.
  3. Olahraga Secara teratur. Aktivitas fisik dapat memperbaiki kadar kolesterol dalam tubuh, usahakan untuk melakukan olahraga selama 30-60 menit tiap hari. Misalnya jogging, lari, bersepeda atau berenang.
  4. Menghentikan kebiasaan merokok. Merokok dapat meningkatkan resiko penyakit jantung coroner dan mempercepat penumpukan plak dalam arteri.

Itulah penjelasan mengenai bagaimana penyebab, bahaya dan cara mengurangi kolesterol pada tubuh Anda. Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan agar tubuh Anda terhindari dari berbagai macam penyakit, termasuk masalah kolesterol tinggi.

cara mengobati sakit maag